Berita

Kegiatan Pembinaan Tim Peningkatan Kenerja (TPK) Di BPTP Papua

KEGIATAN PEMBINAAN TIM PENINGKATAN KENERJA (TPK) DI BPTP PAPUA 


 Tanggal 3-5 April 2014, BPTP Papua menyelenggarakan pertemuan dengan agenda (1) penajaman topik kegiatan 2015 (2) penyusunan konsep Bio Industri dan (3) penyusunan konsep RENSTRA 2015-2019. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Aula BPTP Papua, dan dihadiri oleh Tim Peningkatan Kenerja (TPK) yaitu Prof. Dr. Suyamto dan Ir. Rahmat Handayana, MS, sebagai narasumber. Pada hari pertama penyampaian kisi-kisi dan pengarahan oleh Prof. Dr. Suyamto tentang konsep Bio Industri, dan penyampaian materi tentang RENSTRA Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian oleh Ir. Rahmat Handayana, MS. Setelah penyampaian materi, kepala BPTP Papua membentuk 3 tim yaitu tim penajaman topik kegiatan 2015 dipimpin oleh Ir. Syafruddin Kadir, MP (Kepala Balai), tim penyusunan konsep Bio Industri dipimpin oleh Dr. Niki Lewaherilla, M.Si dan penyusunan konsep RENSTRA 2015-2019 dipimpin oleh Ir. Muflin Nggobe, M.Si. Inisiatif pembentukan tim oleh kepala Balai mendapat apresiasi oleh kedua narasumber. Untuk menjaring masukan dari stakeholder/Pemda untuk penajaman topik kegiatan 2015, BPTP Papua mengundang berbagai instansi terkait yang dilaksanakan pada hari kedua (4 April 2014). Instansi yang hadir antara lain Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura provinsi Papua, Badan Ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluhan Pertanian Provinsi Papua, Dinas Perkebunan Provinsi Papua, Dinas Pertanian Kota Jayapura, BKP5K Kota Jayapura, Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura dan BKP5K Kabupaten Jayapura. Hasil pertemuan tersebut diperoleh sejumlah masukan yang sangat konstruktif dalam rangka penajaman topik kegiatan 2015 dan RENSTRA 2015-2019. Hasil dari pertemuan selama tiga hari diperoleh topik kegiatan tahun 2015, konsep/proposal bio industri dan draft I RENSTRA BPTP Papua 2015-2019 (Rohimah)

 

Konsolidasi Laporan Keuangan Kementrian Pertanian Tahun 2013 Tingkat Wilayah Propinsi Papua.

 KONSOLIDASI LAPORAN KEUANGAN KEMENTRIAN PERTANIAN TAHUN 2013 TINNGKAT WILAYAH PROPINSI PAPUA.



Jayapura,
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prppinsi Papua, Ir.Samuel Siriwa MSi. membuka acara Konsolidasi Laporan Keuangan Kementan 2013 di Hotel Sahid Papua ,Jamat 17 S/D 21/Januari 2014.Berdasarkan pasal 18 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171 Tahun 2007, setiap Kementrian Negara/Lembaga Wajib menyelenggarakan SAI untuk menghasilkan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi SAI yang terdiri dari SAK (Sistim Akuntasi Keuangan) dan SIMAK, BMN (Sistim Informasi Menagejemen dan Akuntasi Barang Milik Negara). Pemerintah melalui programnya pada Kabinet Indonesia Bersatu II telah merancang komitmen untuk mendapatkan opini Wajar tanpa Pengecualian (WPT).Narasumber berasal dari Biro KP Setjen Kementan, Badan Ketahanan Pangan Kementan, Itjen Kementan BPKP Perwakilan Provinsi Papua, Kanwil DJKNL Dan KPKNL Jayapura. Peserta Konsolidasi LK Berasal dari 47 sakker yang berjumlah 94 orang berasal dari semua kabupaten/kota wilayah Provinsi Papua. (Robert)


   

konsolidasi keuangan

 
   

Kegiatan Panen Hasil Pekarangan Inovasi M-KRPL Di Kampung Marur Kabupaten Biak Numfor


                    
        Pangan merupakan kebutuhan dasar dan hak asasi manusia, dan mengkonsumsi pangan bergizi dan seimbang merupakan faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan intelegensia. Keberadaan sumber bahan pangan melalui usahatani pekarangan akan memudahkan pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Salah satu lokasi M-KRPL BPTP Papua tahun 2013 berada di Kampung Marur Distrik Biak Utara Kabupaten Biak Numfor dilaksanakan oleh Koperator kelompok “SEMAR”. Wilayah kampung ini berada di agroekologi pesisir dan Pulau-pulau kecil, memiliki lahan pekarangan tanah berpasir. Walaupun dengan kondisi lahan tersebut hasil usahatani MKRPL telah meningkatkan motivasi masyarakat untuk berusahatani di lahan pekarangan karena berbagai tanaman yang dibudidayakan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi harian rumah tangga. Adapun Komoditas yang dikembangkan antara lain jagung, umbi-umbian, tanaman sayuran sawi, selada, seledri, kangkung, bayam, kacang panjang, terong, cabe, dan tomat.
         Pada tanggal 11 Oktober 2012, Koperator MKRPL “Semar” melaksanakan panen bersama dan pemanenan sudah tercatat sebanyak 3 kali. Panen Kali ini kelompok koperator mengundang berbagai stakeholder dengan tujuan menyebar luaskan informasi inovasi M-KRPL sekaligus menggugah kepedulian Pemerintah setempat untuk mereplikasi Model-KRPL. Acara Panen bersama M-KRPL dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Kabupaten Biak (Ir Lie), KTNA Biak Numfor (Bpk Faidiban), Penanggung Jawab M-KRPL BPTP Papua mewakili ka BPTP Papua (Dr. Niki Lewaherilla,MSi), Pemerintah kampung Marur dan utusan kelompok tani di sekitar wilayah yang berdekatan. Informasi Ketua Kelompok Tani Semar (ibu Rumbapruk) bahwa sebelum pelaksanaan MKRPL, sayuran biasanya dibeli namun dengan adanya program M-KRPL kebutuhan konsumsi sayuran terpenuhi bahkan telah dipasarkan ke Biak. Pada kesempatan panen bersama tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Biak Numfor memberikan bantuan sekop, pacul, hand sprayer kepada kelompok koperator MKRPL Semar. (Niki.E.L) 

   

Penandatangan MOU Antara BPTP Dan SMU Asisi Sentani Dan Sosialisasi KRPL

PENANDATANGAN MOU ANTARA BPTP DAN SMU ASISI SENTANI DAN SOSIALISASI KRPL



         Kepala BPTP Papua Ir. Syafruddin Kadir, MP dan kepala SMU Assisi Sentani Heribertus Dhasiyono, SE, MPd telah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) pada Tanggal 1 Oktober 2013 di AULA SMU Asisi Sentani Kabupaten Jayapura. Penandatangani dimuat dalam harian Cenderawasih Pos tanggal 2 Oktober 2013. Bagi BPTP Papua kerjasama tersebut merupakan replikasi dari model KRPL yang dilakukan selama ini. Penandatangani dilanjutkan dengan sosialiasasi KRPL di SMU tersebut dihadiri oleh siswa kelas XI IPA. Tim BPTP yang yang perpartisipasi pada pertemuan tersebut antara lain Dr. Niki E. Lewaherilla, M,.Si, Ir. Muflin Nggobe, M.Si, Petrus Beding, SP, M.Sc, Roberth Seng May, Juliana Rumsawir, Amd, Dikson Felle. Dalam sosialisasi tersebut mendapat tanggapan positif terutama pada siswa yang ditandai dengan cukup banyak pertanyaan yang diajukan yang terkait dengan KRPL. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Ir. Syafruddin Kadir, MP dengan sangat memuaskan. Harapan kepala Sekolah bahwa kerjasama dengan BPTP Papua diharapkan bermanfaat bagi siswa sebagai bekal setelah mereka terjun dalam masyrakat atau untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. (Robert)

   

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Jumlah Kunjungan Konten : 83334

Highlight

banner2
banner1

Forum Litbang/Katalog Online

Link