Putri Pariwisata Indonesia Kunjungi Stand BPTP Papua di Festival Danau Sentani

Berita

Andara Rainy Ayudini, putri pariwisata Indonesia 2009 bersama Putri Papua 2008 Marcella Rumfabe, pada kesempatan Festival Danau Sentani (FDS) ke III Tahun 2010 yang dilaksanakan di kawasan wisata Khalkote Danau Sentani Jayapura 19-23 Juni 2010 menyempatkan mengunjungi stand pameran Balai Pengkajian Teknolgi Pertanian (BPTP) Papua, mencicipi bakso dan sphagetti berbahan baku sagu serta brownis berbahan baku ubi jalar hasil Penelitian Balai Besar Penelitian Pascapanen Pertanian Badan Litbang Pertanian. Kedua putri pariwisata mengacungkan jempolnya terhadap penampilan produk pertanian unggulan daerah yang dipamerkan BPTP Papua. Kepala Seksi Pelayanan Pengkajian BPTP Papua, Ir. Afrizal Malik, MP mewakili kepala BPTP Papua Dr. Ir. Fadjry Djufry, MSi bersama Drs. Maksum, MSi Kepala Bidang Perpustakaan Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor yang sedang pendampingan perpustakaan digital sempat mewawancarai kedua putri tesebut. Andara dan Marcella sempat mencicipi mie bakso sagu dan memberikan komentar bahwa merasa kagum kepada produk-produk olahan yang ditampilkan BPTP Papua, disamping memberikan acungan jempol terhadap produk-produk unggulan yang ditampilkan dalam stand BPTP Papua tersebut.
     
Festival Danau Sentani (FDS) ke III secara resmi dibuka oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia yang diwakili staf Ahli Bidang Pranata Sosial Drs. Surya Yuga, MSi dan dihadiri anggota Komisi VIII dan X DPR RI menggelar berbagai seni dan budaya masyarakat suku yang ada di Provinsi Papua pameran pembangunan ini diikuti oleh berbagai instansi pemerintah, swasta dan organisasi profesi.
          Keikutsertaan BPTP Papua dalam pameran FDS III merupakan salah satu tugas dan fungsi diseminasi hasil penelitian dan pengkajian spesifik lokasi. Stand BPTP Papua ternyata mendapatkan perhatian dan respon positif dari pengunjung seperti mahasiswa, pengusaha, petani, pengambil kebijakan dan masyarakat umum. Pada pameran tersebut BPTP Papua menampilkan paket teknologi spesfik lokasi yang sudah dihasilkan dalam bentuk olahan makanan dari ubi jalar, sagu, talas dan gembili dalam bentuk poster dan brosur, serta demo pembuatan mie bakso dan spaghetii berbahan baku sagu serta kue brownis berbahan baku ubi jalar.
         Kunjungan staf ahli staf ahli Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia Bidang Pranata Sosial Drs. Surya Yuga, MSi, yang didampingi anggota Komisi VIII dan X DPR RI ke stand BPTP Papua memberikan respons dan apresiasi positif terhadap produk yang ditampilkan serta mengajak BPTP Papua bersama masyarakat untuk memberdayakan sumberdaya pangan lokal yang potensial untuk kepentingan pengembangan usahatani sekaligus peningkatan pendapatan masyarakat pertanian. Pada kesempatan yang sama Bupati Kabupaten Jayapura Drs. Melkias Suwae, S.Sos., MM yang diwakili Sekretaris Daerah Ir. La Achmadi, MMT bersama ibu, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Jayapura Ir. Anna O.S.H Sawai sekaligus sebagai Ketua FDS III mengajak dan menghimbau masyarakat untuk mengembangkan berbagai olahan makanan bersumber bahan baku pangan lokal seperti sagu, talas, gembili dan ubi jalar, minimal setiap acara seremonial disuguhkan sebagai makanan khas (Rohimah Handayani dan Ghalih PD).
Jumlah Kunjungan Konten : 89846

Highlight

banner2
banner1

Forum Litbang/Katalog Online

Link